Mengajari Anak Tidur Yang Baik Dan Tepat Waktu

Author:

Selain mengatur waktu makan si kecil, menjadwalkan waktu tidur si kecil juga penting. Karena tidur tidak kalah penting dengan asupan makanan dan minuman untuk sang bayi. Adanya kebiasaan tidur yang sehat akan membuat otak si kecil berkembang secara maksimal. Beberapa manfaat yang dapat ditemukan ketika menjadwalkan pola tidur anak yaitu, saat tidur 75% hormon pertumbuhan akan dilepaskan hormon ini sendiri merangsang pertumbuhan jaringan dan tulang serta mengatur metabolisme tubuh termasuk otak anak. Jam tidur bayi 6 bulan yang baik juga mendukung daya tahan tubuh sang buah hati, jika bayi kekurangan waktu tidur maka bayi cenderung akan lebih rentan terhadap rasa sakit.

Jam tidur bayi baru lahir

Untuk jam tidur anak yang baru lahir berbeda dengan bayi berumur 6 bulan, mereka membutuhkan tidur lebih dari 16 jam yang terbagi menjadi tidur siang 7,5 jam dan tidur malam 8,5 jam, namun jangan risau karena si kecil memang terprogram untuk bangun ketika merasa dingin, kepanasan atau ngompol. Anak usia 1 bulan anak membutuhkan waktu tidur 10,5 hingga 18 jam, pada usia ini anak akan beradaptasi antara siang dan malam sehingga tidak perlu khawatir jika anak lebih banyak tidur pada siang hari. Pada usia 2 bulan anak sudah dapat lebih mengenali orang dan sekitar, kebanyakan bayi bisa tidur antara 2-4 jam dalam satu kali tidur, untuk kebutuhan tidurnya sendiri anak membutuhkan waktu 10,5 hingga 18 jam.

Jam tidur bayi 3-9 bulan

Usia 3 bulan, pada usia ini anak membutuhkan waktu tidur antara 10,5 hingga 16,5 jam. Beberapa bayi membutuhkan waktu tidur 2-3 jam sekali tidur, dan beberapa bayi dapat tidur antara 6-8 jam pada malam hari. Jam tidur bayi 6 bulan anak tidur antara 13- 14 jam, pada pagi dan sore hari anak akan tidur dengan durasi lebih pendek. Namun pada malam hari anak dapat tidur antara 9-11 jam. Usia 9 bulan anak perlu tidur 13 hingga 14 jam, namun pada usia ini anak mungkin dapat tidur sepanjang hari atau sepanjang sore.

Jam tidur bayi 12 buan

Pada usia 12 bulan, anak membutuhkan waktu antara 12-13 jam, dengan range waktu tidur malam antara 10-12 jam dan tidur jangka pendek pada siang atau sore hari. Bunda dapat memperkaya informasi tentang bayi mulai dari jam tidur bayi yang baru lahir sampai jam tidur bayi 6 bulan sampai 12 bulan melalui berbagai alat yang disediakan oleh nutriclub. Untuk itu anda dapat mengunjungi situs laman ww.nutriclub.co.id.